Keberadaan Instant Messenger Mulai Ancam Twitter

Posted By: trisno widodo - 10.40

Share

& Comment

blogtrisno - Kepopuleran media sosial ini dikabarkan menurun akibat dari penggunaan instan mesengger di handphone.Instant messenger seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk, dan WeChat saat ini dikabarkan mulai menggerogoti popularitas jejaring sosial Twitter.
Sebelumnya, intant messenger WhatsApp bahkan menuai prestasi dengan berhasil mengalahkan layanan sms dengan peningkatan jumlah pengguna dan banyaknya pesan yang dikirim tiap harinya.
Dilansir Forbes (5/2), mulai terkikisnya popularitas Twitter ini terlihat dari laporan keuangan Twitter di akhir 2013 yang mengungkapkan jika jejaring sosial berbasis micro-blogging ini mengalami kerugian.
Selain itu, juga dilaporkan jika jumlah kunjungan timeline Twitter baik di Amerika Serikat maupun global mengalami penurunan jumlah yang cukup signifikan. Diketahui jika jumlah kunjungan timeline Twitter di AS turun dari angka 43 miliar ke angka 41 miliar kali di kuartal 4 2013.
Sedangkan secara global, jumlah kunjungan Timeline Twitter turun dari angka 116 miliar kali menjadi hanya 107 miliar kali di periode yang sama.
Di sisi lain, pada kuartal terakhir 2013, aplikasi instant messaging justru mengalami peningkatan jumlah pengguna yang terbilang cukup besar. Contohnya, pengguna messenger Line naik jumlahnya dari angka 80 juta di November 2012 menjadi 300 juta pengguna di November 2013. Pengguna WhatsApp pun juga naik signifikan dari angka 350 juta ke 400 juta hanya dalam periode Oktober sampai Desember 2013.
Berkurangnya popularitas Twitter ini ditambah dengan meroketnya popularitas aplikasi messenger lainnya seperti WeChat, KakaoTalk, dan Line di kawasan Asia terutama di wilayah Asia Tenggara seperti di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Selain itu, booming instant messenger ini dilaporkan terjadi di beberapa negara lain seperti India, Brazil, Italia, Spanyol, dan beberapa negara di kawasan Timur Tengah.
Memang, dengan makin lengkapnya fitur yang disediakan aplikasi instant messenger seperti telepon gratis, stiker, dan grup chat yang bisa menampung banyak anggota. Para pengguna smartphone terlebih dari kalangan remaja akan cenderung memilih berbagi informasi ke teman atau sesamanya melalui instant messenger daripada lewat Twitter sebagai media sosial yang mana informasi tersebut nantinya juga berisiko dilihat orang lain.
Berdasarkan lansiran tersebut, makin meningkatnya popularitas instant messaging ini nantinya akan lebih mengancam jejaring sosial Twitter di tahun 2014 ini, Bahkan bukan hanya Twitter yang diprediksi akan menerima dampaknya, tetapi jejaring sosial Facebook juga akan makin ditinggal pengguna yang memilih instant messaging sebagai media bersosialisasinya.

About trisno widodo

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Copyright © 2015 blog trisno

Designed by Templatezy