Serba Gratis untuk SMS

Posted By: trisno - 13.57

Share

& Comment

Popularitas layanan-layanan pendukung ponsel seperti SMS, ringtone, dan logo meningkat tajam. Semua ingin agar ponsel mereka menjadi peranti yang cerdas dan bisa apa saja. Mereka juga ingin memberikan sentuhan yang lebih unik dan khas, berbeda dengan yang lain. Itulah antara lain mengapa beberapa tipe ponsel yang “funky” dan bisa “disesuaikan” lebih populer daripada tipe yang cenderung kuno dan kaku.

Jika Anda ingin mengubah-ubah bentuk fisik mobile phone Anda seperti mengganti warna casing, keypad, menambah lampu dan sebagainya, tidak ada cara lain selain membawanya ke toko handphone dan meminta sang penjual untuk melakukan modifikasi tersebut (atau pada beberapa tipe Anda bisa melakukannya sendiri). Tetapi jika masalahnya adalah mengenai SMS, ringtone, dan logo, itu cerita lain. Karena ada dunia lain di luar sana dimana Anda bisa mendapatkan semuanya secara gratis!

Dimana? Di Internet tentu saja.



Fenomena SMS

Banyak varian pengembangan dari SMS yang bermunculan. Misalnya EMS (Enhanced Message Service) ataupun MMS (Multimedia Message Service) yang menawarkan fitur yang lebih kaya dan maju dibandingkan dengan SMS. Tetapi sejauh ini mereka belum bisa menyaingi sang kakak. Mungkin karena masih belum terjangkau oleh orang kebanyakan. Sebuah ponsel yang paling murah dan sederhana pun sanggup melakukan pengiriman SMS, tetapi berapakah harga sebuah ponsel yang bisa mengirimkan EMS atau MMS?

Meskipun demikian, masih ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh SMS. Kesulitan penulisan pesan adalah salah satunya. Meskipun Anda termasuk pakar dalam urusan SMS, waktu yang dibutuhkan untuk menulis sebuah pesan sepanjang 160 karakter pada ponsel tidak akan pernah bisa menyaingi kecepatan penulisan pesan email yang sama dengan menggunakan keyboard. Karena tombol yang tersedia terbatas, sehingga setiap tombol akan mewakili beberapa huruf yang berbeda. Untuk huruf ‘b’ misalnya, kita harus menekan dua kali tombol ‘1’. Belum lagi masalah huruf besar dan huruf kecil ataupun tanda baca.

Kendala ini dicoba diatasi dengan fasilitas T9 (Predictive Text Input) yang seharusnya bisa ‘menebak’ kata apa yang akan kita tuliskan sehingga kita hanya perlu menekan satu tombol untuk setiap huruf. Tetapi sejauh ini T9 malahan membingungkan karena keterbatasan kosakata dan bahasa yang tersedia (belum semua bahasa didukung oleh fasilitas ini).

Ada juga yang mencoba mengeluarkan beberapa tipe ponsel yang bisa ditambahkan sebuah keyboard kecil, atau tipe yang memiliki keyboard yang menyatu dengan handphone itu sendiri. Saya sendiri belum pernah menggunakan ponsel tipe-tipe ini, walaupun sepertinya bisa lebih membantu tetapi kelihatannya masih sulit karena ukuran keyboardnya yang ‘agak’ kecil.

Hambatan lainnya adalah: meskipun murah, SMS tetap merupakan layanan yang tidak gratis. Jika Anda sangat hobi mengirim SMS seperti teman saya yang sanggup berkirim 40-an lebih SMS per hari, biaya yang dikeluarkan setiap bulan tetap akan terasa.



Layanan Gratis

Berterimakasihlah pada Internet. Karena dengan bantuannya, kita memiliki layanan SMS tanpa perlu membayar. Well, tidak tepat begitu. Karena kita masih perlu membayar biaya telepon untuk bisa terkoneksi ke Internet. Tetapi jika kita sudah persiapkan pesan-pesan yang akan dikirim sebelumnya dan dengan kemudahan pengetikan pesan menggunakan keyboard, sepertinya bukanlah suatu hal yang sulit untuk mengirimkan 2-3 SMS satu menitnya. Sepertinya tetap lebih murah. Belum lagi kemampuan untuk mengirimkan satu pesan ke beberapa nomor sekaligus.

Banyak sekali Web site yang menyediakan fasilitas SMS gratis yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Anda bisa mendapatkan puluhan (atau bahkan ratusan?) link ke fasilitas ini, lokal maupun internasional, hanya dengan mengetikkan kata kunci Free SMS di kotak pencarian search engine favorit Anda. Berikut ini beberapa contoh situs-situs yang menyediakan layanan SMS gratis:

1rstwap http://www.1rstwap.com/partners/go.to/1rstwap

Breathe http://www.breathe.com/

CardBoardFish http://www.cbfsms.com/

CoolMobiles http://www.coolmobiles.com/

GSM-Club http://www.1rstwap.com/gsm-club

Hooya http://www.hooya.com/

ICQ.com http://web.icq.com/sms

Indosat-M3 http://www.indosat-m3.net/online/SMS

MTNICE http://www.mtnice.co.za/

MTNSMS http://www.mtnsms.com/

SMS.ac http://www.sms.ac/



Sebagian dari situs-situs diatas menggunakan sistem poin dalam perhitungan pengiriman SMS, dan ada jatah tertentu yang dimiliki oleh setiap anggota untuk pengiriman setiap harinya. Penggunaannya pun cukup mudah, setelah Anda melakukan proses registrasi dan tercatat sebagai anggota, Anda hanya perlu log in dan memilih fasilitas SMS. Setelah itu Anda bisa mulai ber-Short Message ria.



Program Pendukung

Selain situs-situs SMS Gratisan, ada juga beberapa program tambahan yang akan mempermudah pengiriman SMS lewat Internet. Salah satu contohnya adalah ICQ. Dengan memanfaatkan jaringan ICQ dan menggunakan program ICQ Messenger, kita bisa mengirimkan SMS ke siapa saja di seluruh dunia. Teman Anda pun bisa langsung membalas pesan tersebut dengan pilihan Reply dan akan diterima langsung pada ICQ di komputer Anda. Selain itu tidak ada batasan berapa banyak SMS yang bisa Anda kirimkan. Kekurangannya adalah nomor yang akan muncul di ponsel teman Anda adalah nomor ID yang bukan nomor ponsel Anda.

Untuk bisa menggunakan fasilitas ini Anda harus menginstal program ICQ (bisa di-download dari situs-situs download seperti misalnya www.downloads.com atau www.tucows.com) dan terdaftar sebagai pengguna ICQ.

Program lainnya adalah SMSNet yang menggunakan fasilitas SMS dari 1rstwap. Sama seperti ICQ diatas, Anda harus terdaftar dulu sebagai pengguna 1rstwap. Sedangkan programnya sendiri (resminya) bisa didapatkan setelah menjadi anggota di http://sms.chifusion.net dan akan dikirimkan melalui e-mail jika Anda memintanya. Tetapi ada jalur alternatif lain untuk mendapatkan program gratis ini, yaitu dengan mengambilnya di gudang penyimpanan milik mailing list (milis) SMS Mania (http://groups.yahoo.com/group/SMSMania/files) Tentu saja untuk mendapatkan ijin mengambil barang dari gudang milis ini, Anda harus terdaftar dulu sebagai anggotanya.

Kelebihan program ini adalah kecil, ringan, cepat dan mudah digunakan. Selain itu ada fasilitas Address Book, skin, dan delivery report. Teman Anda juga akan menerima SMS yang “seolah-olah” dikirimkan dari ponsel Anda karena nomor yang akan tampil adalah nomor telepon Anda. Jika teman Anda membalas, pesan tersebut akan tiba di ponsel anda. Salah satu fasilitas yang paling menarik adalah kemampuannya untuk mengirimkan flash SMS yang tidak akan masuk ke Inbox tetapi akan langsung terbaca di layar ponsel si penerima. Anda juga bisa melakukan Group Send yaitu pengiriman langsung ke suatu grup yang beranggotakan lebih dari 1 orang.

Sayangnya, fasilitas gratis dari 1rstwap ini memiliki kuota yang terbatas. Dan baru-baru ini jumlah kuota itu pun diturunkan menjadi 50 SMS per minggu, padahal sebelumnya setiap anggota punya jatah 25 SMS per hari. Selain itu program ini terbatas hanya untuk mengirimkan SMS saja dan hanya bisa menggunakan fasilitas 1rstwap.

Situs 1rstwap itu sendiri juga mengedarkan program messenger yang bisa digunakan sekaligus untuk mengirimkan SMS gratis.



Layanan News to SMS gratis

Bagi penggemar berita, ada kabar baik untuk Anda. Anda bisa mendapatkan berita-berita terkini dikirimkan langsung ke ponsel Anda melalui SMS. Selain itu ada juga fasilitas lain yang tidak kalah menarik seperti horoskop, joke, quote, tips dan trik seputar dunia seluler dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa situs yang menyediakan layanan News to SMS:



1rstwap

Banyak kategori news yang tersedia dengan tambahan fasilitas pengiriman SMS gratis. http://www.1rstwap.com/1rstwap/users/bawah.html



MTNIce

Kategori yang tersedia antara lain World News, Daily Jokes, Quote, Horoscope, dan lain-lain.

http://www.mtnice.co.za/



SMSMania News

Info seputar seluler via SMS, seperti Cellular News, Cellular Tips, SMS News, SMS Tips dan Special Info. Merupakan bagian dari 1rstwap yang dikelola oleh SMSMania.

http://www.1rstwap.com/gsm-club



Layanan Gratis Lainnya

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, masih banyak layanan gratis lainnya yang bisa dilakukan melalui SMS. Seperti mengirimkan e-mail ke SMS ataupun sebaliknya. Terlalu banyak untuk bisa dijelaskan di sini satu per satu. Jika Anda memang berminat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai topik-topik tersebut Anda bisa bergabung dengan berbagai mailing list yang mengkhususkan diri membahas masalah seputar dunia ponsel. Anda bisa mencarinya di Yahoo groups (http://groups.yahoo.com) dengan kata kunci mobile, SMS, Indonesia, mobile phone, dan lain-lain.

Salah satu milis yang menarik untuk pengguna SMS pada ponsel adalah SMS Mania. Untuk mendaftar, kirim e-mail kosong ke: smsmania-subscribe@yahoogroups.com.

About trisno

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Copyright © 2015 blog trisno

Designed by Templatezy