Cara Merawat CD/DVD Bajakan Agar Awet dan Tahan Lama

Posted By: trisno - 12.44

Share

& Comment

tips-tips untuk cd anda
Untuk membuat cd/dvd bajakan kesayangan atau favorit anda lebih awet dan tahan lama anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Back Up / Bekap

Jika cd/dvd bajakan tersebut adalah kesayangan anda, maka anda harus membuat backup ke medium yang kualitas terbaik. Tidak mengherankan jika cd atau dvd bajakan yang anda beli sudah bad sector dalam hitungan hari maupun bulan. Terkadang untuk memangkas biaya produksi, si pembajak cd/dvd bajakan menggunakan medium yang murah meriah, yang penting bisa dipakai saat baru digunakan, padahal dalam jangka panjang akan mengelupas atau rontok pada bagian memorinya. Hasilnya sudah jelas, maka cd/dvd bajakan anda akan bengek atau patah-patah bahkan tidak bisa digunakan jika digunakan.

Bekap cd/dvd juga harus dilakukan setiap beberapa tahun sekali dan beberapa medium yang berbeda untuk berjaga-jaga. Tidak ada satu medium cd-r, cd-rw, dvd-r dan dvd-rw yang kekal. Semua jenis cd/dvd yang bisa burning bisa rusak dimakan usia.

2. Penyimpanan

Simpanlah di tempat yang baik, jangan menaruh di sembarang tempat. Letakkan dalam case cd/dvd baik softcase maupun hardcase. Meletakkan cd/dvd sembarangan secara terbuka atau ditumpuk-tumpuk dengan cd/dvd lain dapat merusak cd/dvd. Permukaan cd/dvd bisa baret atau tergores jika anda tidak hati-hati.

Jangan terkena sinar matahari langsung, karena akan merusak cd/dvd. Simpan di tempat yang sejuk, kering dan tidak terkena cahaya dan digabung serta diurutkan sesuai dengan selera anda supaya anda mudah untuk mencari cd/dvd koleksi anda.

Note :
Belilah CD atau DVD yang asli karena kualitasnya adalah kulitas terbaik.
Jika punya budget yang lebih beli yang asli.kan tidak membudidayakan bajakan hehehehe...
dan jangan beli cd bajakan lagi ya,soale mesak'e yang punya lagu atau apapun itu

About trisno

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Copyright © 2015 blog trisno

Designed by Templatezy