Perenang Keturunan Jawa, Idola Baru Belanda

Posted By: trisno - 09.15

Share

& Comment


Warna kulitnya sawo matang dan rambutnya hitam, tak beda jauh dengan gadis-gadis Indonesia. Dia terlihat tersenyum lebar sembari memegang kalung medali emas yang melingkar di leher dengan tangan kirinya.

Dia adalah Ranomi Kromowidjojo, atlet renang asal Negeri Kincir Angin, Belanda. Ranomi menyabet medali emas setelah memenangi nomor 100 meter gaya bebas perorangan putri Olimpiade London 2012, Jumat, 3 Agustus 2012. Di partai final ini, Ranomi mencatatkan waktu 53,00 detik sekaligus menciptakan rekor dunia baru. Ranomi lahir pada 20 Agustus 1996 di Sauwerd. Ranomi masih memiliki garis keturunan Indonesia. Ayah Ranomi merupakan imigran dari Suriname dan menikah dengan wanita Belanda. Nama Kromowidjojo sendiri berasal dari kakek Ranomi, pekerja kontrak dari Jawa yang bekerja di perkebunan di Suriname.

Ranomi pertama kali masuk ke skuad Belanda pada 2005 lalu. Namun, hanya berselang dua tahun, idolanya, De Bruijn, memutuskan pensiun. Meski tak bisa adu kehebatan dengan Bruijn, Ranomi masih mendapatkan kesempatan menghadapi rival utama perenang favoritnya itu, yakni Therese Alshammar. "Saya mencoba menatap ke depan untuk bersaing dengan Therese," katanya.

Di Olimpiade kali ini, Ranomi mengungkapkan, ia tidak pernah memasang target tinggi. "Saya hanya mengharapkan perlombaan yang bagus," tutur anak asuh Jacco Verhaeren itu. "Saya juga tidak terlalu berfokus dengan waktu, sehingga tidak merasa banyak tekanan."

Pencapaian gemilang Ranomi di Aquatic Centre telah membuat dirinya menjadi idola baru di Belanda serta menggantikan posisi Van den Hoogenband dan De Bruijn yang telah pensiun. "Ini adalah penghormatan yang sangat luar biasa," tutur penyabet gelar atlet wanita terbaik Belanda tahun lalu itu.


sumber

About trisno

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

2 comments:

tour and travel mengatakan...

wah.. sayang banget yah.. seharusnya jadi orang jawa saja biar bisa menaikkan prestasi indonesia.. :D

trisno mengatakan...

iya ya gan

Copyright © 2015 blog trisno

Designed by Templatezy