10 Tips Mengubah Rasa Lelah Menjadi Semangat

Posted By: trisno - 09.52

Share

& Comment

Blog Dokter - Tips Mengubah Rasa Lelah Menjadi Semangat. Aktivitas sehari-hari yang terus berulang dan menguras banyak energi tak ayal memberikan beban dan pada akhirnya memberi rasa lelah pada anda. Saat itu terjadi, anda bahkan tidak bisa berbuat apa-apa selain melanjutkan rutinitas yang telah menjadi kewajiban anda sehari-hari. Misalnya saja anda yang harus kerja kantoran seperti karyawan bank dan kantor lainnya, maka hal yang bisa anda lakukan hanya pasrah dan melanjutkan aktivitas anda tanpa harus memperdulikan rasa lelah anda. Hal seperti ini bukannya menjadikan rasa lelah hilang, namun lambat laun akan membuat anda depresi dan mengalami stress berat.

  Tips Mengubah Rasa Lelah Menjadi Semangat  

Tips Mengubah Rasa Lelah Menjadi Semangat

Banyak penelitian yang mengungkap bahwa 8 dari 10 orang yang sibuk dan mengalami kelelahan mengonsumsi multivitamin atau suplemen tambahan agar rasa lelah setelah bekerja tidak ia rasakan. Namun dari hasil survey mengatakan bahwa secara cara tersebut bahkan hanya menghilangkan rasa lelah tubuh sementara dari faktor jasmani saja, namun dari segi psikologi atau mental otak dan perasaan akan tetap merasakan lelah. Banyak sekali orang yang menganggap hal ini remeh, padahal menurut beberapa paramedic mengingatkan kita bahwa di dalam jiwa yang sehat akan terdapat tubuh yang sehat pula.

Oleh karena itu dalam mengatasi masalah seperti ini, hal yang mesti dilakukan adalah memberikan anda semacam terapi untuk mengubah rasa lelah pada tubuh tersebut menjadi semangat yang bisa memberikan dampak positif pada pikiran dan jiwa anda.

  Cara Mudah Mengubah Rasa Lelah Menjadi Semangat  

Tips Mengubah Rasa Lelah Menjadi Semangat

Berikut Tips Mengubah Rasa Lelah Menjadi Semangat


1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Untuk memberikan semangat kembali pada hari-hari anda yang menyibukkan langkah awal yang harus anda kerjakan adalah memperbaiki kualitas tidur. Saat anda merasa lelah tidur semaunya bukanlah solusi yang tepat. Namun saat rasa lelah menyerang anda, tidurlah secukupnya dan biarkan anda merasa nyaman saat tidur. Mandilah terlebih dahulu agar badan anda segar, serta tidurlah di tempat yang nyaman. Usahakan untuk tidur dalam keadaan yang gelap. Beberapa ahli mengatakan tidur dalam keadaan gelap baik untuk tubuh dalam menghindari radiasi. Jika anda berhasil mengembalikan tidur yang berkualitas maka semangat anda secara otomatis akan kembali.

2. Menghindari gadget

Tips Mengubah Rasa Lelah Menjadi Semangat

Tips kedua untuk anda adalah sebaiknya menghindari gadget saat ingin mengubah rasa lelah anda menjadi semangat. Adrenalin akan cepat terpicu saat anda selalu siaga terhadap sesuatu. Dengan terus terattach dengan gadget maka daya akomodasi anda tentunya akan maksimum terhadap gadget tersebut. Anda akan selalu merasa kaget saat bbm atau media sosial lainnya memberikan notifikasi. Selain itu jika telepon anda tiba-tiba berdering maka anda akan dengan sengaja memberikan fokus anda terhadapnya. Olehnya itu anda sebaiknya menghindarinya sesaat untuk mengembalikan adrenalin anda yang menyebabkan rasa lelah agar anda bisa semangat lagi.

3. Mencari dan melihat cahaya matahari

Bagi anda yang bekerja kantoran dan selama beberapa jam harus berada di ruangan tertutup, maka anda sebaiknya mencari cahaya sejenak. Jangan menganggap bahwa cahaya lampu baik untuk anda, anda perlu cahaya matahari guna menstimulus kerja otak anda. Banyak sekali penelitian saraf menyatakan bahwa anda memerlukan minimal 30 menit berada di luar ruangan untuk melihat cahaya matahari untuk kembali mendapatkan energi dan dengan cara inilah anda mampu membuat otak dan jiwa anda bersemangat lagi utamanya terhindar dari rasa lelah.

4. Menarik nafas panjang sesering mungkin

Seorang direktur pusat diet menyarankan bahwa saat rasa lelah melanda baik karena pekerjaan ataupun karena hal lain maka yang mesti sering anda terapkan adalah seringlah untuk menarik nafas anda dalam-dalam. Dengan cara tersebut maka akan memberikan anda asupan oksigen yang cukup serta memperlancar sirkulasi anda. Jika asupan oksigen ke otak juga terpenuhi dengan baik maka anda bisa mensugesti diri anda untuk tetap semangat walaupun rasa lelah anda juga selalu melanda.

5. Bermeditasi

Meditasi disini tidaklah bermakna anda harus mencari goa atau tempat terpencil lalu berdiam diri disana. Saat merasa lelah ambillah sedikit waktu untuk berdiam diri layaknya seseorang yang sedang bermeditasi. Tutup mata anda dan janganlah membukanya untuk beberapa saat, lambatkan dan panjangkan nafas anda sehingga bahkan detak jantung sendiri pun bisa anda dengarkan. Dengan cara tersebut anda bisa menenangkan jiwa anda. Sambil melakukan mesitasi pikirkan hal positif mengenai hal-hal yang ingin anda capai serta hal lain yang bisa mengemballikan semangat anda dan melupakan rasa lelah yang menggerogoti tubuh.

6. Membantu orang lain

Mungkin akan terdengar ganjil bahwa dengan membantu orang lain tentunya akan meringankan rasa lelah anda dan bahkan mengubahnya menjadi semangat. Anda tentunya akan berpikir bahwa lelah anda akan bertambah karena harus membantu orang lain, namun bukan hanya dibuktikan secara spiritual saja namun telah terbukti secara ilmiah bahwa dengan membantu orang lain akan meningkatkan zat endofrin dalam tubuh yang berfungsi sebagai pemberi rasa senang. Bahkan telah terbukti bahwa zat endofrin tersebut akan bertahan selama berjam-jam. Olehnya itu dengan membantu orang lain jiwa dan psikologis anda akan membaik dan membuat anda semangat kembali dari rasa lelah.

7. Minum teh

Minuman sederhana ini janganlah dianggap enteng. Teh mengandung antioksidan yang mampu menghilangkan segala partikel bebas utamanya zat yang mudah membuat badan serta tubuh terasa lelah. Teh mampu nengoksidasi tubuh agar kembali dalam ph netral serta memperbaiki adrenalin yang sedang kacau saat anda kelelahan. Dengan begitu anda bisa kembali memperbaiki semangat anda saat merasa lelah.

8. Konsumsi Protein

Protein telah terbukti mengandung tyrosine yaitu asam amino yang mampu meningkatkan kinerja otak anda. Sehingga rasa lelah tubuh bisa teratasi dengan adanya keinginan untuk kembali bersemangat.

9. Mengubah rutinitas anda

Ubah rutinitas anda sehari-hari. Misalnya mengubah rute perjalanan anda ke kantor atau ke tempat lainnya. masaklah jenis makanan baru atau cobalah melakukan aktivitas kesenian. Hanya dengan mengubah rutinitas atau pola kegiatan anda selama 15 menit maka energy anda akan terset kembali karena tidak mengulang aktivitas yang itu-itu saja.

10. Menemui Ahli

Anda juga sebaiknya menemui ahli yang berpengalaman dalam mengatasi rasa lelah. Terapi seperti akupuntur dan juga psikiater untuk menenangkan pikiran anda. Jika setelah melakukan hal tersebut maka mulailah kembali hari anda dengan semangat yang baru.
  • Penyebab Utama Tubuh Cepat Lelah
  • Mengatasi Mata Lelah
  • Kebiasaan yang Menyehatkan Saat di Kantor
Itulah beberapa cara mengubah rasa lelah anda menjadi semangat kembali. Akan terasa mudah rasanya jika anda menanamkan diri anda bahwa anda bisa melakukannya. Selamat mencoba dan terimakasih.

About trisno

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Copyright © 2015 blog trisno

Designed by Templatezy