12 Cara Mendidik Anak Agar Berperilaku Baik

Posted By: trisno widodo - 08.44

Share

& Comment

Mendidik Anak - Sudah banyak orang yang berpendapat bahwa mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Kadang mengasyikka, kadang sulit dan tentunya sangat membutuhkan kesabaran. Semua orang tua tentunya menginginkan anaknya menjadi anak yang memiliki perilaku yang baik. Namun tantangan terhadap orang tua jika tidak semua anak bisa kita didik secara cepat.

Semua hal tentunya butuh proses yang tidak singkat, sehingga beragam cara bisa anda gunakan untuk bisa mendidik anak anda menjadi anak yang baik. Walaupun anda merasa lelah namun tentunya sebagai orang tua anda akan melakukan apa saja untuk anak anda.

  Panduan Cara Mendidik Anak Supaya Berperilaku Baik  

Cara Mendidik Anak Agar Berperilaku Baik

Oleh karena itu di bawah ini merupakan berbagai cara agar anda bisa mendidik si kecil agar bisa berperilaku baik.

1.Anak-anak melakukan apa yang Anda lakukan

Anda adalah model bagi anak anda. Hal itulah yang harus selalu anda tanamkan dalam diri anda. Jika anda menananmkan itu maka tentunya anda akan berperilaku baik dimana anak akan mencontohi segala apa yang kita lakukan.

2.Tunjukkan kepada anak, apa yang Anda rasakan

Anda harus selalu menunjukkan kepada anak anda apa sebenarnya yang anda rasakan. Bahwa anda menyayanginya atau jika anda berempati atau merasa bangga kepada anak anda. Biarkan anak tau bagaimana perasaan anda yang sebenarnya.

3.Beri pujian untuk sikap baiknya

Jika anak anda bersikap baik maka jangan segan untuk memberikannya pujian. Sebab pujian merupakan prestsi bagi anak. Saat diberi pujian secara tidak langsung ia akan menanamkan bahwa dengan bersikao baik akan membuat orang disekitarnya senang dan memberikan dampak baik bagi anak.



4.Bicara pada level mata anak Anda

Saat anda berbicara dengan anak anda maka sangat baik jika anda berbicara sejajar dengan dia. Tatap matanya dan berikan level berbicara setinggi dengan mata anda. Hal ini bisa membantu anak anda untuk yakin saat mendnegar apa yang anda ucapkan. Dengan cara seperti ini pula maka anda akan memberikan kepercayaan diri anak untuk melakukan hal yang baik sesuai yang anda ucapkan.

5.Dengarkan

Selain memberitaukan hal baik anda juga harus menjadi pendengar yang baik bagi anak anda. Dengarkan semua keluhan dan pendapat anak tentang segala hal. Sehingga anak menghargai anda sebagai orang yang dipercayannya.

6.Tepati Janji

Janganlah selalu menjanji anak anda hal-hal yang tidak bisa anda tepati. Berikanlah anda hal yang anda janjikan sehingga mereka selalu percaya bahwa berbuat baik tentunya akan memberikan dampak baik pula buat dirinya dan juga anda jika anda selalu menepati janji kepada anak anda.

7. Merengek

Jika anak anda merengek ssaat meminta sesuatu maka disiplinkan anak anda dengan cara bahwa anda harus tegas dengan mengatakan tidak kepada anak anda. Biarkanlah ia terus merengek jangan menyerah saat ia melakukan itu terus-menerus.

8. Tetap sederhana dan positif

Saat memberikan instruksi kepada anak sebaiknya anda juga memberikan instruksi yang sedrhana dan instruksi yang positif. Jangan membuat anak bingung dengan instruksi anda sehinggga ia sering merasa dilemma terhadap hal yang harus ia lakukan.


9. Tanggung jawab dan konsekuensi

Saat Anda bertumbuh besar, berikanlah tanggung jawab dan ajarkan mereka menerima konsekuensi yang terjadi ketika mereka lalai dan tidak melaksanakan tanggung jawab mereka dengan baik. Di waktu lain, Anda harus bersikap tegas untuk tindakan berbahaya yang mereka lakukan. Pastikan bahwa sebelumnya, Anda sudah pernah memperingatkan kepada mereka akan akibat buruk yang bisa terjadi jika mereka tidak bertindak dengan benar.

10. Ucapkan sekali.

Cukup untuk mengucapkan sekali saja nasehat anda. Saat anda mengucpkannya berulang-ulang akan membuat anak anda terlihat bosan dan tidak akan mengerjakannya.

11.Buat dirinya merasa penting.

Tanamkan dalam jiwa anak anda bahwa ia penting dan selalu berharga. Sehingga yang ia lakukan dinilai memberikan manfaat baginya dan juga bagi keluarganya. Anda juga harus meyakinkannya bahwa segala sesuatu pasti ada dampaknya,

12.Bersiap untuk situasi yang menantang.

Saat memberikan tugas sulit kepada anak anda harus mempersiapkannya terhadap segala sesuatu yang menantang. Biarkanlah ia melaluinya dengan baik dan melakukannya dengan dirinya sendiri.

Itulah beberapa cara mendidik anak dengan baik agar ia bisa menjadi anak yang baik dan mendengarkan anda. Semoga bisa bermanfaat dan membuat anda bahagia dalam mendidik anak.

About trisno widodo

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Copyright © 2015 blog trisno

Designed by Templatezy