Lima Belas Tips Ampuh Mendidik Anak Agar Rajin Membaca

Posted By: trisno widodo - 07.52

Share

& Comment

Blog Dokter - Masa anak-anak di tahun 90an dulu dan sekarang tentunya sangat berbeda. Dulunya sangat banyak mainan yang bersifat edukasi dan mampu membantu perkembangan anank, sehingga tidak sulit bagi mereka untuk menghimbaunya belajar. Namun untuk jaman sekarang ini bisa anda saksikan sendiri bagaimana perkembangan teknologi yang memberikan fasilitas gadget kepada anak-anak yang bahkan sangat mudah untuk ditemukan.

Adanya gadget tersebut memberikan dampak yang buruk bagi perkembangan anak-anak dan juga memberikan tugas yang berat kepada orang tua. Sebab kebanyakan anak-anak sekarang ini lebih memilih untuk menggunakan gadget dan hanya bermain serta berkutat dengan games yang tersedia di dalamnya. Psikologi anak juga menjadi sangat keras, jika orang tua berusaha memisahkannya dengan gadget. Kebiasaan anakpun menjadi buruk dimana belajar dan membaca merupakan hal yang tidak mengasyikkan lagi bagi mereka.

Oleh karena itu, orang tua sebagai orang yang berperna penting untuk menyediakan sarana ke berbagai bacaan yang mendukung perkembangan mental anak secara mental, seperti yang dikemukakan oleh Roni Leiderman, yang merupakan associate dekan dari Family Center at Nova Southeastern University di Fort Lauderdale, Florida. Dengan kata lain orang tua harus memberikan aktifitas yang mengasyikkan agar anak bisa tertarik untuk membaca.

  Panduan Mendidik Anak Agar Rajin Membaca  

Tips Ampuh Mendidik Anak Agar Rajin MembacaDi bawah ini merupakan beberapa tips agar anak mudah membaca dan tertarik menjadikannya kebiasaannya.

1. Anda bisa menggunakan buku di saat berinteraksi dengan anak. Misalnya sering membacakan dengan suara kerasa saat menghabiskan waktu dengan anak anda aga rterbiasa melihatnya dan juga ingin melakukannya.

2. Buatlah rutinitas bahwa membaca adalah suatu kebiasaan sehari-hari. Anda bisa mengalikasikannya dengan cara membuat jawal tertentu dimana anda harus membaca. Anda bisa menentukan jadwalnya dengan cara membaca sebelum tidur ata saat bersantai di siang gari. Laukakan itu secara rutin dan disiplin sehingga atmofser membaca menjadi suatu keharusan dan akan terasa ganjil saat tidak melakukannya.

3. Sesuaikan jenis buku dengan usia anak. Biasanya anak sangat menyukai buku yang berwarna-warni sehingga mereka tertarik dengan visual dan tertarik pula untuk membacanya. Anak akan terpanggil secara otomatis untuk membaca buku mereka karena gambar dan warna yang menarik.

4. Rutinitas seperti diatas harus terus diulangi walaupun anak terlihat belum memiliki ketertarikan. Utamanya sejak ia usia balita, maka ia akan dengan cepat menyerap kata-kata yang dilontarkan dan didengarkannya.

5. Anda perlu membaca seperti sedang berstory telling. Gunakan ekspresi yang sesuai dan variasi suara yang bisa membuat mereka tertarik dengan bacaan tersebut. Hal tersebut juga bisa menghindari anak-anak agar tidak kaku melihat anda membaca.



6. Matikan TV anda. Jangan biarkan anak anda menghabiskan waktu hanya di depan TV. Bisa saja anda membiarkan mereka menonton namun ingatlah untuk membatasinya. Terlalu banyak menonton TV akan menghambat kreatifitas anak anda dan membuatnya malas melakukan aktiftas motorik dan juga kognitif. Ia hanya akan terdoktrin dengan sajian yang diberikan telivisi dan tidak ingin menggunakannya otaknya untuk berpikir.

7. Jika anak anda memilki favorit tertentu, turutilah hal yang disukai dengan membeli buku yang berhubungan dengan hal yang mereka sukai. Misalnya jenis kartun tertentu dan juga jenis gambar yang ia sukai.

8. Ajaklah mereka rajin mengunjungi perpustakaan dan juga toko buku dimana terdapat beragam banyak buku. Sehingga visual anak dapat tersupport dengan sajian buku yang banyak dan membuat mereka menciantainya.



9. Anda juga bisa memberikan variasi agar anak bisa membaca disertai dengan buku yang memilki CD. Jika anda memberikan metode seperti itu maka hal tersebut akan membuat anak lebih tertarik untuk membaca.

10. Banyak orang tua yang menjadikan iming-iming buku sebagai hadiah saat anak harus melakukan satu hal terlebih dahulu. Hindari hal seperti itu sebab akan menjadikan anak tertekan sehingga membaca merupakan hal yang mereka anggap tidak menarik.

11. Berikan motivasi kepada anak bahwa dengan membaca mereka menjadi anak cerdas. Anda bisa juga menenangkan anak dengan buku saat ia tidak bisa diam.

12. Anda bisa menceritakan dongeng atau cerita rakyat di saat anak belum tahu membaca. Sehingga saat mampu membaca maka anak juga bisa mencari tahu sendiri cerita yang pernah didengarnya.

13. Saat berada di perjalanan anda bisa membaca seluruh kata yang ada di jalan dan menantang anak agar bisa membacanya. Dengan cara ini akan ada tambahan bagi anak akan kosa katanya dan bisa menstimulus agar dia lebih mencari lagi.

14. Ajaklah anak berbicara sesering mungkin agar kata yang telah ia baca bisa dijadikannya sebagai respon. Hal tersebut menyadarkan anak bahwa kata yang ia baca rupanya ada manfaatnya dan bisa digunakan sehari-hari.

15. Sebagai orang tua anda juga sebaiknya menunjukkan bahwa anda cinta pada buku dan aktifitas membaca.

Itulah beberapa cara agar anak bisa mencinta membaca. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

About trisno widodo

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Copyright © 2015 blog trisno

Designed by Templatezy