Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Pernafasan ISPA

Posted By: trisno widodo - 11.14

Share

& Comment

Blog Dokter - Beragam penyakit sangat berpotensi muncul di musim pancaroba juga saat musim kemarau. Di suhu yang panas beragam virus dan bakteri dapat berkembang dengan cepat, mudah menyebar serta menimbulkan beragam penyakit kronis. Salah satu yang paling banyak mendominasi saat ini adalah gangguan pernafasan atau sering disingkat menjadi ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan.

Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Pernafasan ISPA

Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Pernafasan ISPA

Secara umum penyakit ini akan terlihat seperti flu biasa, namun jika tidak diatasi dengan cepat maka akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan serta bisa berujung pada kematian. Hal ini disebabkan oleh penyakit ISPA sangat cepat merusak dan menggorogoti saluran pernafasan dan mengakibatkan sulitnya oksigen memasok kebutuhannya di dalam tubuh kita.

Penyakit ISPA juga akan sangat cepat menyebar jika daya tahan tubuh sangat lemah. Oleh karena itu penyakit ini sangat mudah menyerang anak-anak dan balita serta orang tua yang sudah memiliki daya tahan tubuh yang sangat rendah.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi Infeksi Saluran Pernafasan sebaiknya kita mengetahui apakah penyebab serta gejala umum dari penyakit ini.

Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Pernafasan ISPA

Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan

Infeksi saluran Pernafasan seperti yang telah dijabarkan diatas disebabkan oleh virus atau bakteri yaitu sejenis mikroorganisme yang mampu menyebar dengan cepat. Di bawah ini merupakan jenis mikroorganisme yang paling bertanggung jawab dalam penyebaran penyakit ISPA.

1. Adenovirus

Adenovirus merupakan salah satu jenis virus yang memiliki jenis lebih dari 50 jenis. Virus ini paling banyak menyebabkan gangguan pernafasan seperti flu, pilek, bronchitis, pneumonia dan juga sejenisnya. Ia juga akan snagat cepat menyebar di suhu yang kering.

2. Rhinovirus

Sebenarnya jenis virus ini juga menyebabkan pilek ringan, namun pada batasan usia tertentu seperti anak-anak, apalagi saat daya tahan tubuhnya yang rendah maka pilk ini bisa berubah menjadi ISPA pada tahap yang parah.

3. Pneumokokus

Penyakit meningitis yang bisa menyebabkan kelumpuhan syaraf hingga kematian dipicu oleh terjangkitnya virus ini. Selain meningitis virus ini juga menyebabkan pneumonia.

Beberapa virus diatas adalah penyebab seseorang bisa terjangkit ISPA. Jika virus sudah menyerang tubuh maka anda perlu mengetahui gejala umum saat seseorang menderita Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA)

Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Pernafasan ISPA

Berikut Gejala Infeksi Saluran Pernafasan

1. Hidung Tersumbat dan Berair

Saat terserang flu mugkin saja gelaja seperti hidung tersumbat dan berair akan sering ditemukan. Namun jika hal ini terus berlanjut hingga lama anda sebaiknya khawatir bahwa bisa saja gejala ini bukanlah flu biasa namun bisa saja merupakan gejala dari ISPA.

2. Paru-paru terasa sesak

Jika anda merasa paru-paru anda terasa berat atau terasa sesak dan tertahan, maka bisa saja itu adalah gejala ISPA yang bisa memberikan dampak buruk bagi anda. Saat paru-paru terasa sesak maka hal terebut disebabkan oleh kekurangan oksigen akibat terganggunya saluran nafas.

3. Batuk dan sakit tenggorokan

Saat menelan tersa sakit serta diikuti oleh batuk-batuk parah maka sebaiknya anda perlu mencurigai bahwa anda terserang ISPA.

4. Kelelahan

Mudah lelah juga merupakan gejala dari ISPA. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kekurangan oksigen sehingga tak mempu menghasilkan energy yang cukup.

5. Kesulitan Bernafas

Saat sulit bernafas maka gejala ISPA ini menandakan telah bertambah parah. Jika ini terjadi sebaiknya segera menghubungi dokter.

6. Demam dan menggigil

Saat menggigil lalu badan terasa panas maka juga merupakan gejala ISPA yang memarah.

7. Kesadaran menurun dan pingsan

Dalam keadaan fatal maka bisa saja kesadaran mulai menurun hingga anda akan pingsan karena kekurangan oksigen.

Cara Penanganan Infeksi Saluran Pernafasan atau ISPA

Sejak dulu ISPA juga sangat sulit untuk diatasi. Salah satu yang paling sering dilakukan oleh tim medis adalah dengan memberikan antibiotik. Dosis antibiotik yang diberikan juga harus berbeda-beda sesuai usia serta tingkat keparahan ISPA. Setelah itu anda juga mesti menyediakan oksigen agar resiko kekurangan oksigen dapat dihindari dan menimbulkan penyakit yang lebih parah lagi. Selain itu mendukung daya tahan tubuh juga akan memberikan efek baik dalam pengobatan ISPA, sebab saat tubuh melemah maka virus dan bakteri yang menyerang tubuh akan lebih kuat dan mematikan system imun dalam tubuh kita.
  • Gejala Penyakit Malaria
  • Ciri Penyakit Kolera
  • Gejala Penyakit Bipolar Disorder
Itulah beberapa hal yan perlu anda ketahui mengenai ISPA. Sebaiknya anda menghindari dengan selalu menjaga pola makan serta pola hidup yang sehat, sehingga antibody anda mampu menangkal segala jenis virus yang menyerang tubuh anda.

About trisno widodo

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Copyright © 2015 blog trisno

Designed by Templatezy