sabda raja sultan hamengku buwono ix

Posted By: trisno - 12.21

Share

& Comment

trisnoblog - akhir akhir ini media cetak maupun elektronik banyak yang mewartakan tentang sabda raja kota yogyakarta.Keraton yogyakarta yang punya nama lain kerajaan mataram ini merupakan salah satu kerajaan yang masih eksis sampai sekarang dengan raja yang bergelar Sri Sultan Hamengku Huwono ix. pada akhir bulan april tahun ini raja keraton yogyakarta mengubah namanya dari Buwono menjadi Bawono. arti makna buwono kata pak sri sultan adalah kecil atau sempit sedangkan bawono besar atau luas.

dengan pergantian nama gelar sri sultan hamengku buwono menjadi sri sultan hamengku bawono ini banyak mendapatkan reaksi dari para adik adik sultan.
isi sabda raja sebagai berikut

  1. Penyebutan buwono diubah menjadi bawono
  2. tidak lagi menggunakan gelar khalifatullah
  3. penyebutan kaping sedasa diganti kaping sepuluh
  4. Mengubah perjanjian antara pendiri Mataram Ki Ageng Giring dengan Ki Ageng Pemanahan
  5. Menyempurnakan keris kanjeng Kyai Ageng Kopek dengan Kanjeng Kyai Ageng Joko Piturun
berdasarkan informasi yang di update dari hariam lokal kota yogyakarta.Setelahnya sultan enggan menjawab termasuk soal makna sabda raja yang ia keluarkan." ya sudah nanti,nanti saya lapor dulu," tuturnya.

Keraton yogyakarta merupakan salah satu kerajaan yang kepala rajanya menjadi gubernur daerah istimewa yogyakarta.
Semoga keraton yogyakarta tetap istimewa 
salam jogja gumregah 


About trisno

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Copyright © 2015 blog trisno

Designed by Templatezy